Tahukah Anda apa arti angka yang tercetak di botol minyak? Jika saat yang tepat, Anda membawa mobil Anda untuk perawatan rutin dan penggantian oli, maka angka-angka itu hampir tidak ada artinya. Anda mengerti apa itu parameter oli sepeda motor, tahukah Anda tentang parameter tersebut dan perannya dalam memilih oli yang tepat untuk kendaraan yang Anda kendarai. Hari ini, dalam artikel ini, kita akan belajar tentang parameter oli sepeda motor untuk dapat lebih memahami.

Bagaimana cara membaca indeks oli sepeda motor?

Cara membaca SAE .data tingkat viskositas

Oli dengan simbol seperti: SAE 10W-30, 15W-40, 20W-50, SAE 0W-40… adalah pelumas multi-grade.

Bagaimana cara membaca indeks oli sepeda motor?

Urutan huruf/angka sebelum huruf “W” menunjukkan suhu di mana oli tersebut membantu mesin bekerja dengan baik. Untuk menentukan seberapa baik suhu mesin bekerja, kurangi angka 30 dari angka sebelum huruf “W”, tetapi dihitung pada suhu negatif. Misalnya: oli mesin 10W-30 akan bekerja dengan baik pada suhu 20 derajat Celcius.

Semakin tinggi angka setelah “W”, semakin kental oli, dan sebaliknya, semakin kecil angkanya, semakin encer oli. Jika mobil Anda digunakan untuk bepergian, sebaiknya pilih oli yang kental untuk memastikan performa mesin. Karena saat beroperasi dalam jarak jauh mesin akan panas, saat ini suhu panas mesin akan membantu mengencerkan oli menjadi pas untuk Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Jika Anda tidak mengencerkan mobil untuk perjalanan panjang, itu akan menyebabkan fenomena “menjerit”. Oli yang encer hanya cocok untuk kendaraan khusus jalan raya, karena akan membuat mobil mudah distarter.

Cara membaca berdasarkan tingkat fitur API

Indeks kualitas API yang cocok untuk mesin bensin adalah SA, SB, SC, SE, SF, SG… sekarang menambahkan grade oli terbaru adalah API SN. Level API cocok untuk mesin Diesel dengan simbol CA, CB, CG, CD…

Huruf di akhir tingkat viskositas kinerja API disusun menurut abjad dan digunakan untuk membedakan tingkat viskositas. Semakin tinggi huruf di bagian belakang oli, semakin tinggi kualitas produk. Misalnya, tingkat fitur API SM akan lebih tinggi dari SL…dan seterusnya.

Saat ini di pasaran ada banyak jenis pelumas. Dan untuk memilih oli yang tepat untuk mobil Anda, Anda harus mempelajari produk dan kualitas produk oli dengan cermat.